Sabtu, 24 September 2011

Memasukkan input dari keyboard (1)

Pada postingan ini, kita akan mempelajari tiga cara memberikan input, yang pertama adalah menggunakan class BufferedReader, Scanner dan melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan class JOptionPane.

Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
1. Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard
2. Menggunakan class BufferedReader atau Scanner untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar console
3. Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard menggunakan GUI

Menggunakan BufferedReader
Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
1. Tambahkan di bagian paling atas code Anda:
   import java.io.IOException;
   import java.io.InputStreamReader;
   import java.io.BufferedReader;
  Atau bisa dituliskan dengan :
  import.java.io.*; 
 Lebih ringkas, tetapi akan menjadi boros memori, karena kita juga mengimport dari java.io yang tidak dibutuhkan.

2. Tambahkan statement berikut:
  BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );

Deklarasikan variabel String temporary untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
 try{
 String temp = dataIn.readLine();
 }
 catch( IOException e ){
 System.out.println(“Error in getting input”);
 }
Berikut ini adalah source code lengkapnya:
 import java.io.BufferedReader;
 import java.io.InputStreamReader;
 import java.io.IOException;
 public class MasukkanInputDariKeyboard
 {
 public static void main( String[] args ){
 BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
 String nama = "";
 System.out.print("Masukkan Namamu :");
 try{
 nama = dataIn.readLine();
 }
 catch( IOException e ){
 System.out.println("Error!");
 }
 System.out.println("Hallo " + nama +"!");
 }
 }

Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:
Statement,

 import java.io.BufferedReader;
 import java.io.InputStreamReader;
 import java.io.IOException;
Menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung class-class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data.

Dua statement selanjutnya,
public class
MasukkanInputDariKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.

Dalam statement,
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Saya akan menjelaskannya pada akhir pembahasan.

Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier nama,
String nama = "";
Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.
Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan nama user.
System.out.print("Masukkan Namamu : ");

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,
nama = dataIn.readLine();
akan ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Selanjutnya kembali ke pernyataan,
nama = dataIn.readLine();
method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel nama, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hallo " + nama + "!");

SEKIAN POSTINGAN SAYA SAAT INI, SEMOGA BERMANFAAT ...

Sumber : JENI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar