Rabu, 14 Maret 2012

Stream I/O (Input / Output)

Pengertian Stream I/O

Jadi pertama yang harus dipahami, harus paham dulu apa definisi stream:
Stream adalah aliran data dari input source ke output destination atau sebaliknya(bahasa saya).

sehingga yang diinginkan oleh java I/O ini sebenarnya adalah memanfaatkan media stream selain memory atau klo bahasa enaknya lebih sering disebut sebagai node stream, spt disk, program, atau lainnya.

Tadi dari penjelasan saya sebelumnya diatas telah saya jelaskan ada 2 elemen dasar I/O Stream:
1. Membaca informasi ke dalam program (input stream)
2. Menulis informasi dari program (ouput stream)


nah nanti class2 stream di java sendiri ada banyak, tapi saya mengklarifikasikan/menyimpulkan menjadi 3, diantarabnya Byte Streams, Character Streams, dan lainnya

detail manfaat kedua class tsb insyaAllah akan saya jelaskan nanti di chapter 14 FPPC.

Implementation:
saya membuat program untuk mengcopy file dgn Byte Stream :
=======================================
import java.io.FileInputStream;
import java.io.FileOutputStream;
import java.io.IOException;

public class CobaCopyBytes {
public static void main(String[] args)
throws IOException {

FileInputStream in = null;
FileOutputStream out = null;
try {
in = new FileInputStream("sourcefile.txt");
out = new FileOutputStream("destfile.txt");
int c;
while ((c = in.read()) != -1) {
out.write(c);
}
} finally {
if (in != null) {
in.close();
}
if (out != null) {
out.close();
}
}
}
}
========================================

nanti juga masih ada beberapa class2 penting di java I/O sperti Reader, Writer, ObjectOutputStream, dll...

sekian dulu postingan saya. mudah mudahan bisa dipahami dengan mudah, semoga bermanfaat... :)
Sumber : Bapak Reza Yogaswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar