Selasa, 27 September 2011

Memasukkan input dari keyboard (3)

JOptionPane
Pada Postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang cara memasukkan input dari keyboard. Selain menggunakan BufferedReader, dan Scanner pada postingan sebelumnya. Di JOptionPane kita memasukkan inputannya sudah berbasis GUI(Graphical User Interface). Pada JOptionPane kita akan menggunakan class javax.swing, untuk mendapatkan input dari keyboard. JOptionPane dapat membuat dialog box standard yang menginformasikan kepada user untuk memasukkan sebuah nilai.

1.Tambahkan dibagian paling atas code : 
  import javax.swing.JOptionPane;

2.Tambahkan main method pada code:
public static void main(String [] args){


Code selengkapnya :
import javax.swing.JOptionPane;
public class MasukkanInputDariKeyboard {
    public static void main(String [] args){
        String nama;
        nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Namamu ");
        JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hallo " + nama );
    }
}

Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:
Statement,
import javax.swing.JOptionPane;
atau bisa juga ditulis
import javax.swing.*;
menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class JOptionPane yang berada di javax.swing package. Java Application Programmingnterface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages.

Dua statement selanjutnya,
public class MasukkanInputDariKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama MasukkanInputDariKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.

Statement berikutnya
String nama;
kita mendeklarasikan var nama  sebagai type data string.

statement selanjutnya
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Namamu ");
kita memberi nilai atau value yang akan disimpan pada var nama, digunakan untuk membuat input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog, yang terdiri atas sebuah message, sebuah textfield dan sebuah button OK, seperti terlihat pada gambar. 
  
 
Statement,
  JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hallo " + nama );

Akan menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan dan sebuah OK button.
  

Sekian penjelasan dari JOptionPane pada postingan ini. 

Kesimpulan pada 3 postingan tentang cara memasukkan input dari keyboard :
  1. Mempelajari 3 cara memasukkan inputan dari keyboard yaitu :
  • BufferedReader
  • Scanner
  • JOptionPane 
    • Penjelasan singkat tentang package :
    • Merupakan sekumpulan class di Java
    • Class berada di dalam package  
    • Class menggunakan package dengan cara mengimportnya 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar